Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB2 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Berikut ini adalah contoh kunci jawaban Tes Formatif Modul 1 Kegiata Belajar 2 tentang Konsep Dasar Ilmu Pendidikan hasil waktu Admin Diklat PPG Daljab Tahun 2020 di Universitas UHAMKA Jakarta untuk jurusan Guru Kelas SD.

1. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

Select one:

     a. Status social

     b. Kultural 

     c. Gender

     d. Etnik

     e. Minat

    2. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

Select one:

     a. Kultural peserta didik

     b. Gayabelajarpesertadidik

     c. Gender peserta didik

     d. Minat peserta didik 

     e. Etnik peserta didik

   3. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

Select one:

     a. Meronce membuat kalung

     b. Menjiplak huruf

     c. Mewarnai pola

     d. Menendang bola 

     e. Memasangpuzzle

     4. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

Select one:

     a. Kultural

     b. Motivasi

     c. Minat

     d. Status social 

     e. Etnik

    5. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

Select one:

     a. Ketertiban sosial

     b. Akibat perbuatan

     c. Persetujuan orang lain 

     d. Hati nurani

     e. Kontrak/imbal jasa

    6. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

Select one:

     a. Menggunakan modul dan powerpoint.

     b. Menggunakan media audio, video, dan percobaan. 

     c. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

     d. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

     e. Menggunakan program audio dan modul.

     7. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

Select one:

     a. Media benda nyata 

     b. Media gambar

     c. Media cetak

     d. Media poster

     e. Media grafis