Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH TUGAS AKHIR MODUL 1 KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN PPG DALJAB GURU KELAS SD

Berikut adalah contoh tugas akhir pada modul 1 Konsep Dasar Pendidikan sewaktu Admin mengikuti PPG DALJAB pada tahun 2020 melalui daring.

TUGAS AKHIR

MODUL 1

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN

Oleh:

………………………………….

Kelas 2 Kelompok E PPG Daljab UHAMKA Gelombang 4 Tahun 2020

 

 Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi dalam modul 1 maka, kerjakanlah tugas terstruktur berikut ini!

1. Berdasarkan  materi  yang disajikan  dalam  KB  1  buatlah  sebuah  peta konsep yang menggambarkan hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik!




2. Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa pindah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa.  Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya?

A dan B memiliki perkembangan pribadinya berbeda karena pola asuh yang mereka dapatkan dan lingkungan sosialnya yang berbeda. A diasuh oleh pamannya yang bekerja sebagai supir sedangkan B tinggal bersama kedua orang tuanya di desa yang hanya bekerja sebagai petani. Penampilan pun berbeda. A yang biasa hidup di perkotaan yang biasa berpenamilan di kota yang modern serba trendi sesuai dengan hidu perkotaan dan B yang sudah terbiasa hidup di desa dengan penampilan sederhana. Inti dari perbedaan perkembangan pribadinya adalah dari faktor perkembangan sosialnya seperti keluarga, lingkungan, kematangan, pendidikan sekolah dan status social ekonomi juga akan berbeda.

3. Bapak Sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu!

Desain pembelajaran yang saya terapakan adalah sebagai berikut:

a. Melaksanakan pengkondisian kelas dengan tertib seperti mengarahkan peserta didik untuk berdo’a sebelum pembelajaran dilaksanakan, mengabsen siswa dan melakukan kegiatan Literasi selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapakn peserta dalam bidak kesiapan diri siswa terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakn .

b. Setelah kegiatan pengkondisian peserta didik, guru melaksanakan apersepsi dan menjelaskan tujuam pembelajaran tekait capain pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah pembelajaran.

c. Dalam kegiatan inti guru menerapkan teori pembelajaran Behavioritsik dimana guru memberikan stimulus dengan memunculkan satu topic masalah yang baerkaitan dengan materi pembelajaran yang akan dibahas, dan siswa memberikan respon atau pendapat terhadap masalah itu dan guru memberikan reinforcement atau penguatan terhdapan respon yang diberikan oleh peserta didik.

d. Pada saat pembelajaran, guru melaksanakan metode penugasan dan memberikan reword kepada peserta didik yang menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru

e. Melaksanakan evaluasi pembelajaran menyimpulkan pembelajaran bersama siswa dan meminta siswa untuk menyampaikan kesan-kesan terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan 

4. Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda!

Gaya belajar peserta didik di kelas saya bervariasi. Ada yang suka dengan gaya pembelajaran visual dengan melihat gamba-gambar, gaya diskusi dan penugasan dan belajar di luar kelas (out door). Dengan fasilitas sekolah saya yang kurang memadai dalam segi hal pembelajaran bersifat Multimedia dengan menggunakan laptop dan infokus, saya memaksimalakn alat peraga yang ada di sekolah dan mengenalkan peserta didik sekitar lingkungan sekolah untuk mencapai pembelajaran.

Adapun untuk meningkatkan potensi peserta didik dalam berbagai bidang, saya mengadakan kegiatan jam tambahan sekolah untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik.

5. Buatlah strategi implementasi kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan?

Strategi Implementasi Kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan, diantaranya:

a. Malaksanakan pendidikan abad 21 yang yang memberikan kecakapan kepada peserta didik yaitu 4C:

1. Comoncation, yaitu mengetahui

2. Collaboration, yaitu memahami

3. Critical Thinking and problem solving, yaitu kritis dalam pemikiran dan mampu memcahkan masalah

4. Creative dan innovative, yaitu kreatid adalam pembelajaran dan melakukan invoasai terbaru dalam proses pembelajaran supaya tidak ada kejenuha dalam pembelajaran

b. Melaksanakan pembelajaran berbasis multimedia, dan sekolah harus memfasilitasinya

c. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan meneapkan High Order Thinking Skill (HOTS) dalam tujuan pembelajarannya

d. Mengintegrasikan pendidikan berbasis teknologi dalam ruang kelas dalam mengembangkan kurikulum