CONTOH JAWABAN FORUM DISKUSI : KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN
FORUM DISKUSI : KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN
Pendidikan diartikan sebagai bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada orang yang belum dewasa, agar orang tersebut mencapai kedewasaan (Winkel;2012). Dalam bahasa Yunani pendidikan juga dikenal dengan istilah “Paedagogiek” (pedagogik) yang artinya ilmu menuntun anak. Pedagogik juga berarti teori mendidik yang membahas apa dan bagaimana mendidik yang sebaik[1]baiknya. Carter V. Good (Syam dkk, 2003) menjelaskan istilah Pedagogy atau pendidikan dalam dua hal, yang pertama pendidikan adalah seni, praktek, atau profesi pengajaran. Kedua, pendidikan adalah ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip-prinsip dan metode mengajar, pengawasan dan pembimbingan peserta didik.
Kegiatan mendidik diartikan sebagai upaya membantu seseorang untuk
menguasai aneka pengetahuan, ketrampilan, sikap, nilai yang diwarisi dari
keluarga dan masyarakat (Arif Rohman, 2011:5). Mendidik juga bisa diartikan
sebagai tindakan merealisasikan potensi seseorang yang dibawa sewaktu lahir.
Pendidikan sendiri berlangsung melalui dan di dalam pergaulan, namun tidak
semua pergaulan bersifat mendidik atau dapat dikatakan bersifat pedagogik.
Pergaulan akan bersifat pedagogik apabila pendidik atau orang dewasa bertujuan
memberikan pengaruh positif kepada seseorang dan pendidik juga memiliki
wewenang terhadap orang tersebut.
Forum ini
disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang
dipelajari.
Silahkan berpartisipasi aktif pada forum diskusi ini untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi yang telah disampaikan di atas, Coba Anda diskusikan beberapa topik yang disajikan berikut dengan teman-teman kelompok di kelas Anda!
Silahkan pilih topik yang menurut Saudara penting untuk dibahas.
Kegiatan
Belajar 1:
Pak Sigit adalah seorang guru di SMA Negeri di Bandung. Peserta didik yang dihadapi oleh beliau memiliki perbedaan latar belakang ekonomi, kultur dan perbedaan pola asuh dari orangtua yang sangat beragam. Bagaimanakah pak Sigit harus mengakomodasi beragam perbedaan tersebut agar praktik pendidikan yang dilaksanakan mampu mengembangkan potensi dan mengarahkan peserta didik menajdi lebih baik!
Menurut Pendapat saya,
Pak Sigit harus bias mengakomodasi keberagaman perbedaan peserta didik agar
praktek pendidikan berjalan dengan baik dan bisa mengarahkan dan mengembangkan
potensi kecerdasan para peserta didik menjadi lebih baik, dengan cara sebagai
berikut:
1. Aspek ekonomi
Pa sigit harus memperlakukan para peserta didik dengan adil dan tidak diskriminatif, guru tidak boleh membeda-bedakan terhadap status sosialnya.
2. Aspek kultural
Pak sigit harus menerapkan pendidikan multikultural menurut Chorul (2016: 187) membentuk manusia yang budaya dan menciptakan manusia berbudaya, meteri yang diajarkan oleh Pak Sigit harus mengandung nilai-nilai luhur kemanusiaan
3. Aspek ploa asuh orang tua
Guru
harus bias mengembangkan sikap social peserta didik anatar lain sebagai
berikut:
-
Melaksanakan pembelajaran kooperatif
-
Pembelajarak kolaboratif
-
Pemilihan metode yang tepat untuk
pelaksanaan pembelajaran
-
Pemilihan strategi dan pendekatan
pembelajaran
Itulah contoh pertanyan dalam forum diskusi pada Modul 1 PPG Daljab Guru Kelas SD, mudah-mudahan bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang melaksanakan PPG.