Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022

Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022- Uji Komprehensif adalah salah satu tahapan dalam Diklat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) sebelum memasuki tahapan Uji Kinerja (UKIN). Dimana bapak/ibu guru akan diuji baik dari segi praktek pembelajaran maupun wawasan atau materi yang sudah dibahas dalam modul-modul yang sduah di bahas dalam LMS.

Berikut Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022 yang pernah admin buat yang bisa menjadi referensi untuk belajar bapak/ibu.

A. Pengertian Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

  Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah suatu kerangka kerja yang mengidentifikasi pengetahuan, guru perlu mengajar secara efektif dengan kerangka teknologi. Menurut Mishra, et al (2016: 2) TPACK adalah suatu kerangka kerja untuk memahami dan menggambarkan jenis pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang guru untuk mengefektifkan praktek pedagogi dan pemahaman konsep dengan mengintegrasikan sebuah teknologi di lingkungan pembelajaran. 

Konsep dasar hadirnya TPACK adalah Sebagai berikut: TPACK diperkenalkan pertama kali oleh Mishra dan Koehler pada tahun 2006. Mereka mendiskusikan TPACK sebagai kerangka kerja guru/pendesain dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Konsep TPACK muncul dalam teknologi pembelajaran didasarkan pada model pedagogy content knowledge (PCK) yang dipelopori oleh Shulman.

B. Komponen Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

  Konsep dasar TPACK lebih menekankan hubungan antara materi pelajaran, teknologi dan pedagogi (Harris J., Mishra, P dan Koehler, M, 2009). Interaksi antara tiga komponen tersebut memiliki kekuatan dan daya tarik untuk menumbuhkan pembelajaran aktif yang terfokus pada peserta didik. Hal ini dapat juga dimaknai sebagai bentuk pergeseran pembelajaran yang semula terpusat pada guru bergeser kepada peserta didik. TPACK menekankan hubungan-hubungan antara teknologi, isi kurikulum dan pendekatan pedagogi yang berinteraksi satu sama lain.


  Dalam skema TPACK terdapat hubungan antar komponen penyusun, saling beririsan antara materi (C). pedagogi (P) dan teknologi (T) yang berpengaruh dalam konteks pembelajaran.

Content Knowledge (CK) yakni pengetahuan tentang materi pelajaran yang akan dipelajari. Materi tersebut tertuang di dalam kurikulum. Misalnya siswa SMA belajar llmu Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika maka batasan materi pelajaran yang tertuang dalam kurikulum hendaknya dimaknai secara menyeluruh. Menurut Shulman et al (1986) mencatat bahwa materi pelajaran mencakup pengetahuan berupa konsep, teori, gagasan, kerangka kerja, metoda yang dilengkapi dengan metoda ilmiah serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: konsep asam basa, teori asam basa, indikator alami, indikator asam basa, pH larutan, tetapan ionisasi asam atau basa.


Pedagogy Knowledge (PK) menggambarkan pengetahuan secara mendalam terkait dengan teori dan praktik belajar mengajar yakni mencakup tujuan, proses, metode pembelajaran penilaian, strategi dan lainnya. Pengetahuan pedagogi mensyaratkan pemahaman aspek kognitif, afektif, sosial dan pengembangan teori pembelajaran dan bagaimana teori itu dapat diterapkan di dalam proses pembelajaran. Guru hendaknya memahami secara mendalam dan fokus terhadap pedagogi yang dibutuhkan yakni tentang bagaimana siswa memahami dan mengkonstruksi pengetahuan, sikap dan ketrampilan (Koehler, dkk. 2011). Contoh: konstruksivismeScientificDiscovery LearningProblem based Learning, inkuiri terbimbing, tanya jawab, diskusi, presentasi, observasi, praktikum.

Untu selengkanya bisa dilihat pada link di bawah ini.

Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022 Lihat Disini

Demikian informasi tentang Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022, semoga bermanfaat.