Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022
Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022- Uji Komprehensif adalah salah satu tahapan dalam Diklat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) sebelum memasuki tahapan Uji Kinerja (UKIN). Dimana bapak/ibu guru akan diuji baik dari segi praktek pembelajaran maupun wawasan atau materi yang sudah dibahas dalam modul-modul yang sduah di bahas dalam LMS.
Berikut Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022 yang pernah admin buat yang bisa menjadi referensi untuk belajar bapak/ibu.
A. Pengertian Technological
Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah suatu kerangka kerja yang mengidentifikasi pengetahuan, guru perlu mengajar secara efektif dengan kerangka teknologi. Menurut Mishra, et al (2016: 2) TPACK adalah suatu kerangka kerja untuk memahami dan menggambarkan jenis pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang guru untuk mengefektifkan praktek pedagogi dan pemahaman konsep dengan mengintegrasikan sebuah teknologi di lingkungan pembelajaran.
Konsep dasar hadirnya TPACK adalah Sebagai berikut: TPACK diperkenalkan pertama kali oleh Mishra dan Koehler pada tahun 2006. Mereka mendiskusikan TPACK sebagai kerangka kerja guru/pendesain dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Konsep TPACK muncul dalam teknologi pembelajaran didasarkan pada model pedagogy content knowledge (PCK) yang dipelopori oleh Shulman.
B. Komponen Technological
Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Konsep dasar TPACK lebih menekankan hubungan antara materi pelajaran, teknologi dan pedagogi (Harris J., Mishra, P dan Koehler, M, 2009). Interaksi antara tiga komponen tersebut memiliki kekuatan dan daya tarik untuk menumbuhkan pembelajaran aktif yang terfokus pada peserta didik. Hal ini dapat juga dimaknai sebagai bentuk pergeseran pembelajaran yang semula terpusat pada guru bergeser kepada peserta didik. TPACK menekankan hubungan-hubungan antara teknologi, isi kurikulum dan pendekatan pedagogi yang berinteraksi satu sama lain.
Dalam skema TPACK terdapat hubungan antar
komponen penyusun, saling beririsan antara materi (C). pedagogi (P) dan
teknologi (T) yang berpengaruh dalam konteks pembelajaran.
Content Knowledge (CK) yakni pengetahuan tentang
materi pelajaran yang akan dipelajari. Materi tersebut tertuang di dalam
kurikulum. Misalnya siswa SMA belajar llmu Kimia, Fisika, Biologi dan
Matematika maka batasan materi pelajaran yang tertuang dalam kurikulum
hendaknya dimaknai secara menyeluruh. Menurut Shulman et al (1986) mencatat
bahwa materi pelajaran mencakup pengetahuan berupa konsep, teori, gagasan,
kerangka kerja, metoda yang dilengkapi dengan metoda ilmiah serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: konsep asam basa, teori
asam basa, indikator alami, indikator asam basa, pH larutan, tetapan ionisasi
asam atau basa. Pedagogy Knowledge (PK) menggambarkan pengetahuan
secara mendalam terkait dengan teori dan praktik belajar mengajar yakni
mencakup tujuan, proses, metode pembelajaran penilaian, strategi dan lainnya.
Pengetahuan pedagogi mensyaratkan pemahaman aspek kognitif, afektif, sosial
dan pengembangan teori pembelajaran dan bagaimana teori itu dapat diterapkan
di dalam proses pembelajaran. Guru hendaknya memahami secara mendalam dan
fokus terhadap pedagogi yang dibutuhkan yakni tentang bagaimana siswa
memahami dan mengkonstruksi pengetahuan, sikap dan ketrampilan (Koehler, dkk.
2011). Contoh: konstruksivisme, Scientific, Discovery
Learning, Problem based Learning, inkuiri terbimbing, tanya
jawab, diskusi, presentasi, observasi, praktikum. Untu selengkanya bisa dilihat pada link di bawah ini. Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022 Lihat Disini Demikian informasi tentang Contoh Materi Uji Komprehensif PPG Guru Kelas Daljab Tahun 2022, semoga bermanfaat.