Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) UT PGSD
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) UT PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada hakikatnya adalah salah
satu usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar
sekolah dan berlangsung seumur hidup, pendidikan dapat diartikan sebagai usaha
manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di
masyarakat.
Untuk itu dalam penyusunan laporan ini,
mahasiswa dituntut untuk meningkatkan berbagai kemampuan yang optimal, baik
kemampuan kognitif, sikap dan keterampilan. Kemampuan kognitif berkaitan dengan
kemampuan intelektual seperti penguasaan cara belajar dan mengajar, serta cara
mengevaluasi hasil dan proses belajar. Kemampaun bidang sikap berkaitan dengan
tugas dan profesinya, misalnya sikap menghargai pekerjaan, sikap toleransi
kepada siswa, memiliki kemampuan keras untuk meningkatkan hasil pekerjaannya.
Kemampuan bidang keterampilan berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar.
Hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan
yang tidak mudah dilakukan. Mengajar bukanlah kegiatan rutin dan mekanis.
Dalam mengajar terkandung kemampuan
menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan apa yang harus dilakukan,
merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, mengaktifkan siswa melalui
motivasi ekstrinsik dan intrinsik, mengevaluasi hasil belajar, serta merefisi
pembelajaran berikutnya agar lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keberhasilan proses belajar merupakan
hal yang sangat diharapkan, baik oleh guru sebagai pendidik maupun oleh siswa
selaku anak didiknya.
B. Tujuan
Pembuatan Laporan
Adapun tujuan penulis mengikuti mata
kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGSD, yaitu:
1.
Memiliki
berbagai kemampuan yang optimal, baik kemampuan kognitif, sikap, dan
keterampilan.
2.
Mempersiapkan
pembelajaran termasuk menganalisis kebutuhan siswa.
3.
Mengambil
keputusan dan tindak pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip berilmu
dan moral yang diacu.
4.
Merancang
pembelajaran yang efektif dan efisien.
5.
Mengidentifikasi
kelebihan dan kelemahan dalam mengajar.
6.
Merevisi
pembelajaran berikutnya agar lebih efektif.
7.
Meningkatkan
prestasi belajar siswa.
C. Manfaat
Pembuatan Laporan
Beberapa manfaat yang dapat saya ambil
setelah mengikuti mata kuliah PKM PGSD yaitu:
1.
Mengetahui
berbagai kemampuan yang optimal, baik kemampuan kognitif, sikap, dan terampil
yang akan saya praktikkan dan terapkan dalam kegiatan pembelajaran supaya lebih
menarik dan menyenangkan.
2.
Dapat
mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar supaya dapat mengambil
keputusan dan tindakan pembelajaran sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan.
3.
Mempunyai
kemampuan untuk merevisi pembelajan berikutnya agar prestasi belajar peserta
didik meningkat.
4.
Penulis
sebagai guru lebih bisa mempertanggungjawabkan pekerjaannya.
5.
Dapat
mengetahui kelemahan serta kelebihan yang dimiliki oleh penulis.
D. Gambaran
Umum Isi Laporan
Laporan ini merupakan penjabaran dari
refleksi yang berisi kelemahan pembelajaran, penyebab kelemahan pembelajaran,
kelebihan pembelajaran, hal-hal unik dalam pembelajaran, serta
perbaikan-perbaikan, sehingga penulis dapat menilai hal tersebut dengan
berpedoman pada tutorial PKM.
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) UT PGSD
BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM
PEMBELAJARAN
1. Pertemuan
ke-1 (ILMU PENGETAHUAN ALAM)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
2. Pertemuan
ke-2 (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab Kelabihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
3. Pertemuan
ke-3 (BAHASA INDONESIA)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal Unik
dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
4.
Pertemuan ke-4 (MATEMATIKA)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan selanjutnya
yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama proses
pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca dari
sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk menambah
buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses pembelajaran.
5. Pertemuan
ke-5 (ILMU PENGETAHUAN ALAM)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
6. Pertemuan
ke-6 (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
7. Pertemuan
ke-7 (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
8. Pertemuan
ke-8 (MATEMATIKA)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
9. Pertemuan
ke-9 (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui
diantaranya yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi
tersebut penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya
siswa dapat memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah
disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama
proses pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca
dari sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk
menambah buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses
pembelajaran.
10. Pertemuan
ke-10 (BAHASA INDONESIA)
a. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Selama proses kegiatan pembelajaran, kelemahan yang penulis temui diantaranya
yaitu tentang penguasaan materi yang akan diajarkan, dalam materi tersebut
penulis kurang memahami apa yang akan diberikan kepada siswa supaya siswa dapat
memahami atau menangkap instruksi dan penjelasan yang telah disampaikan.
b. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Kelemahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat baca yang penulis
miliki dan buku sumber materi yang dimiliki oleh sekolah maupun penulis.
c. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Kelebihan yang penulis temukan selama kegiatan pembelajaran yaitu dalam
hal pengelolaan kelas, sebelum melakukan kegiatan inti dalam langkah-langkah
pembelajaran, penulis melakukan penataan kelas.
d. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Kelebihan tersebut terjadi karena dalam hal pengelolaan kelas penulis
mendahulukan ruangan yang bersih, semua itu dimaksudkan agar kita dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran merasa nyaman. Seperti pengaturan tempat
duduk siswa yang diatur secara sistem rolling
atau bergantian posisi tempat duduk dari depan ke belakang atau ke samping dan
penataan ruangan.
e. Hal-hal
Unik dalam Pembelajaran
Hal unik yang penulis temui adalah siswa menjadi interaktif, atau siswa
menjadi lebih dekat dengan penulis, karena penulis memberikan kebebasan kepada
murid untuk mengeluarkan pendapat dengan syarat pendapatnya relevan dengan
materi atau yang masih dekat dengan kegiatan di sekolah.
f. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Adapun rencana yang akan dilakukan oleh penulis untuk kegiatan
selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kelemahan yang penulis temukan selama proses
pembelajaran dengan cara memperbanyak buku sumber dan mencoba membaca dari
sumber lain. Selain itu juga sekolah diharapkan dapat membantu untuk menambah
buku sumber dan alat peraga yang akan membantu mendukung proses pembelajaran.
BAB III
KESIMPULAN
A. Kelemahan
dalam Pembelajaran
Secara umum, kelemahan
pembelajaran yang penulis lakukan adalah:
1.
Kurangnya
pengetahuan dalam hal penguasaan materi.
2.
Kurangnya
pengalaman mengajar.
3.
Kurang
kemampuan mengatur alokasi waktu.
4.
Komunikasi
dan pendekatan terhadap siswa masih kurang baik.
5.
Kurang
menguasai cara pembagian kelompok dan pengelolaan dalam berdiskusi.
6.
Kemampuan
siswa lambat dalam memahami materi pembelajaran.
7.
Siswa masih
kesulitan dalam mengambil kesimpulan setelah melakukan percobaan.
8.
Masih banyak
siswa ketika membaca tidak menggunakan jeda dan lagu kalimat dengan benar.
B. Penyebab
Kelamahan dalam Pembelajaran
Secara umum, penyebab
kelemahan-kelemahan tersebut adalah:
1.
Masih
kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh penulis.
2.
Kurangnya
pengalaman yang dimiliki oleh penulis.
3.
Kurangnya
bahan media serta alat peraga pembelajaran yang dimiliki oleh pihak sekolah.
4.
Situasi dan
kondisi siswa yang berbeda-beda.
5.
Siswa kurang
rajin menghafal pelajaran di rumah.
6.
Siswa kurang
teliti dalam melakukan percobaan.
7.
Siswa tidak
memiliki buku sumber.
8.
Metode yang
digunakan kurang menarik.
C. Kelebihan
dalam Pembelajaran
Secara umum, kelebihan yang dilakukan
oleh penulis adalah:
1.
Penulis jadi
mengetahui kelemahan-kelemahan yang dimiliki dan berusaha untuk menjadi lebih
baik.
2.
Adanya kegiatan
refleksi yang dilakukan sehingga penulis dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangannya.
3.
Siswa menjadi
lebih komunikatif dan antusias di dalam kelas ketika proses kegiatan
pembelajaran sedang berlangsung.
4.
Dapat
digunakan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Menumbuhkan
rasa nasionalis.
D. Penyebab
Kelabihan dalam Pembelajaran
Secara umum, penyebab
kelebihan-kelebihan tersebut adalah:
1.
Dengan adanya
kegiatan refleksi bagi siswa maupun guru, penulis menjadi terdorong untuk lebih
baik dan melakukan perbaikan pada setiap pertemuan selanjutnya.
2.
Pengelolaan
kelas yang baik.
3.
Penguasaan
materi yang baik.
4.
Penggunaan
bahan media pembelajaran dengan tepat.
5.
Pengaturan
waktu yang baik.
6.
Komunukasi
dan pendekatan yang baik terhadap siswa.
7.
Siswa
langsung berlatih dan mempraktikannya.
8.
Pengalaman
dengan lingkungan sekitar.
9.
Menggunakan
contoh-contoh yang kongkrit.
E. Rencana
Perbaikan dalam Pembelajaran
Rangkuman perbaikan yang telah dilakukan
yaitu dengan cara:
1.
Memperbanyak
buku sumber.
2.
Memperluas
pengetahuan.
3.
Melakukan
wawancara dengan siswa.
4.
Menggunakan
metode atau teknik pembelajaran yang bervariatif.
5.
Pengelolaan
kelas yang baik.
6.
Memperbanyak
bahan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
7.
Bertanya
langsung dan banyak belajar kepada guru lain yang lebih berpengalaman.
PENUTUP
Laporan Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar merupakan
salah satu upaya dalam meningkatkan mutu guru yang lebih baik ke arah guru yang
profesional dan berkualitas.
Penulisan laporan ini disusun berdasarkan hasil dari
praktik penulis selama proses kegiatan pembelajaran dalam mengikuti perkuliahan
“Pemantapan Kemampuan Mengajar – PGSD” PDGK4209 Semester 3.
Semoga laporan yang penulis susun ini dapat berguna serta
bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca serta masyarakat banyak pada
umumnya.
Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan yang
penulis lakukan dalam menyusun laporan ini. Oleh karena itu, kritik dan saran
sangat penulis harapkan guna perbaikan dalam penyusunan laporan selanjutnya di
masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Suherneti, dkk (2008). Buku IPS Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Wahyono, Budi, dkk (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV. Bandung : Sarana Panca Karya Nusa.
Warsidi, Edi, dkk (2008). Buku Bahasa Indonesia Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Sumarto, dkk (2008). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Armaini, Rina, dkk (2008). Buku Matematika Kelas V. Bandung : Sarana Panca Karya Nusa.
Tim FKIP (2012). Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.