Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Spesifik Guru Abad 21

Guru abad 21 memiliki karakteristik spesifik dibanding dengan guru pada era sebelumnya. Karakteristik yang dimaksud diantaranya: 

Sumber gambar: Jurnal.unimus.ac.id

1. Memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi disertai kualitas keimanan dan ketakwaan yang mantap. 

2. Mampu memanfaatkan iptek sesuai tuntutan lingkungan sosial dan budaya di sekitarnya. 

3. Berperilaku profesional tinggi dalam mengemban tugas dan menjalankan profesi. 

4. Memiliki wawasan ke depan yang luas dan tidak picik dalam memandang berbagai permasalahan. 

5. Memiliki keteladanan moral serta rasa estetika yang tinggi. 

6. Mengembangkan prinsip kerja bersaing dan bersanding.

Untuk dapat berperilaku profesional dalam mengemban tugas dan menjalankan profesi maka terdapat lima faktor yang harus senantiasa dipelihara, yaitu: 

1. Sikap keinginan untuk mewujudkan kinerja ideal 

2. Sikap memelihara citra profesi 

3. Sikap selalu ada keinginan untuk mengejar kesempatan-kesempatan profesionalisme. 

4. Sikap mental selalu ingin mengejar kualitas cita-cita profesi 

5. Sikap mental yang mempunyai kebanggaan profesi 

Kelima faktor sikap mental ini memungkinkan profesionalisme guru menjadi berkembang. Karakter ideal serta perilaku profesional tersebut tidak mungkin dapat dicapai apabila di dalam menjalankan profesinya sang guru tidak didasarkan pada panggilan jiwa, sepenuh hati, dan ikhlas. S

elain dari itu, menghadapi tantangan abad 21 diperlukan guru yang bertipe great teacher benar-benar seorang profesional. Tilaar (1998) memberikan ciri-ciri agar seorang guru terkelompok ke dalam guru yang profesional, yaitu; 

1. Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang 

2. Memiliki keterampilan untuk membangkitkan minat peserta didik 

3. Memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat 

4. Sikap profesionalnya berkembang secara berkesinambungan 

5. Menguasai subjek (kandungan kurikulum) 6. Mahir dan berketrampilan dalam pedagogi (pengajaran & pembelajaran) 

7. Memahami perkembangan murid-murid dan menyayangi mereka 

8. Memahami psikologi pembelajaran (cognitive psychology) 

9. Memiliki kemahiran konseling 

Nah, itulah ciri-ciri guru yang efektif di abad 21. Efektif bukan sekdar memiliki kompetensi namun memiliki penampilan yang benar-benar berbeda dari sekedar guru superior. A great teacher create a great country, a great country has many great teachers.